Dewasa ini teknologi sudah semakin
canggih banyak teknologi-teknologi modern diciptakan untuk memudahkan segala
aktivitas kegiatan manusia.Seperti yang telah kita ketahui sekarang ini bahwa
perkembangan arus teknologi dan informasi juga melanda dunia
internet.Akhir-akhir ini internet mengalami pertumbuhan yang signifikan dalam
perkembangannya, berbagai akses kemudahan berkomunikasi dan aliran informasi
ditawarkan oleh internet.
Teknologi informasi memainkan
peranan penting dalam sebagian besar proses binis.Kecepatan, kemampuan
pemrosesan informasi dan konektivitas komputer serta teknologi internet dapat
secara mendasar meningkatkan efisiensi proses bisnis.Telekomunikasi dan
teknologi jaringan bekerja dengan menggunakan internet dan merevolusi proses
bisnis sehingga perusahaan dan para pekerja dapat bekerja secara lebih kreatif
dan inovatif untuk bersaing dengan sukses dalam ekonomi global yang cepat
berubah.
Sebelum adanya pemanfaatan internet
sebagai media untuk perdagangan secara online, masyarakat masih menggunakan
cara tradisional .Kini dengan menggunakan media elektronik yang dibantu dengan
jaringan komputer untuk membantu memasarkan atau meningkatkan hasil produk
mereka ke calon pembeli.
Internet dan teknologi serta
aplikasi terkait lainnya telah mengubah cara bisnis yang dijanlankan dan cara
orang bekerja, serta bagaimana sistem informasi mendukung proses pengambilan
keputusan bisnis dan dalam pembentukan keunggulan kompetitif . Jadi banyak
bisnis saat ini menggunakan teknologi internet untuk proses bisnis yang
dimungkinkan melalui Web. (O'BRIEN, 2005)
Banyak bisnis saat ini menggunakan
internet dan jaringan lainnya untuk mendukung setiap langkah proses
komersial.Hal ini dapat meliputi segala sesuatu dari periklanan, penjualan dan
pemberian dukungan untuk pelanggan melalui WWW[1],
hingga keamanan internet serta mekanisme pembayaran yang memastikan diselesaikannya
proses pengiriman dan pembayaran.
Kini kesuksesan dalam lingkungan
bisnis yang dinamis saat ini sangat bergantung pada pemaksimalan penggunaan
teknologi berbasis internet dan sistem informasi melalui web untuk memenuhi
permintaan yang berubah dari para pelanggan, pemasok dan mitra bisnis lainnya
di pasar global. (O'BRIEN, 2005)
. E-commerce[2]
mengubah cara bagaimana perusahaan melakukan bisnis dengan para pelanggan,
pemasok dan mitra dagang lainnya seiring dengan perusahaan mengaplikasikan E-commerce
dalam bisnis mereka maka Ketika perusahaan makin banyak yang berpindah untuk
menjalankan bisnis melalui Web, layanan Web akan menjadi penting sekali bagi
pengembangan aplikasi E-bussines[3]
dan E-commerce yang mudah digunakan dan efisien.
Perdagangan
elektronik atau E-commerce merupakan bagian dari E-business, di mana cakupan E-business
lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga
pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll.
Selain teknologi jaringan WWW, E-business juga memerlukan teknologi basisdata
(databases), surat elektronik (E-mail[4]),
dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman
barang, dan alat pembayaran untuk E-commerce ini. Kesimpulannya, "E-commerce is a part of E-business".
E-commerce
merupakan kegiatan-kegiatan bisnis yang menyangkut konsumen,
manufaktur, service
providers dan pedagang perantara (intermediaries)
dengan menggunakan jaringan-jaringan komputer yaitu internet. E-commerce digunakan sebagai transaksi bisnis antara perusahaan
yang satu dengan perusahaan yang lain, antara perusahaan dengan pelanggan, atau
antara perusahaan dengan institusi yang bergerak dalam pelayanan publik. kegiatan perniagaan tersebut
merupakan bagian dari kegiatan bisnis.
Berbeda
dengan transaksi perdagangan biasa, transaksi E-commerce memiliki beberapa karakteristik
khusus yang membedakan dengan perdagangan secara manual atau tradisional,
yaitu:
·
Terjadinya transaksi antar dua belah
pihak
·
Adanya pertukaran barang, jasa dan
informasi
·
Internet merupakan medium utama dalam proses
atau mekanisme perdagangan tersebut.
Secara
ringkas E-commerce mampu
menangani masalah berikut:
·
Otomatisasi
Proses
otomatisasi yang menggantikan proses manual.
·
Integrasi
Proses
yang terintegrasi yang akan meningkatkan efisiensi dan efektivitas.
·
Publikasi
Memberikan
jasa promosi dan komunikasi atas produk dan jasa yang dipasarkan.
·
Interaksi
Pertukaran
data atau informasi antar berbagai pihak yang akan meminimalkan “human error”
·
Transaksi
Kesepakatan
antara kedua belah pihak untuk melakukan transaksi yang melibatkan institusi
lainnya sebagai pihak yang menangani pembayaran
Dalam
E-commerce terdapat 4 kategori model pokok yang berkembang dalam revolusi transaksi
bisnis dengan internet, yaitu :
1. Business-to-Business(B2B)
Adalah model perusahaan yang menjual barang atau jasa pada perusahaan lain. Ini diperkirakan sedang berkembang dengan cepat dari segi volume dan nilai perdagangan, jauh melebihi model - model yang lain.
Adalah model perusahaan yang menjual barang atau jasa pada perusahaan lain. Ini diperkirakan sedang berkembang dengan cepat dari segi volume dan nilai perdagangan, jauh melebihi model - model yang lain.
2. Business-to-Cunsumer(B2C)
Ini adalah model perusahaan yang menjual barang atau jasa pada pasar atau publik.
Ini adalah model perusahaan yang menjual barang atau jasa pada pasar atau publik.
3. Consumer-to-Consumer(C2C)
Ini adalah model perorangan yang menjual barang atau jasa kepada perorangan juga.
Ini adalah model perorangan yang menjual barang atau jasa kepada perorangan juga.
4. Consumer-to-Business(C2B)
Ini adalah model perorangan yang menjual barang atau jasa kepada perusahaan.
Ini adalah model perorangan yang menjual barang atau jasa kepada perusahaan.
Dalam
banyak kasus, sebuah perusahaan E-commerce bisa bertahan tidak hanya
mengandalkan kekuatan produk saja, tapi dengan adanya tim manajemen yang
handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi
bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang
bagus, beberapa faktor kunci sukses yang mendukung dalam E-commerce adalah menyediakan
harga kompetitif, jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah, informasi
barang dan jasa yang lengkap dan jelas, perhatian khusus seperti usulan
pembelian serta menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari
pelanggan, dan lain-lain.
Perusahaan
yang terkenal dalam bidang E-commerce ini antara lain: eBay, Yahoo, Amazon.com,
Google, dan Paypal. Untuk di Indonesia, bisa dilihat tradeworld.com,
bhineka.com, fastncheap.com, dll.
Berbagai keuntungan akan
didapatkan dari penerapan proses bisnis menggunakan E-commerce yang dapat
dilihat dari 2 pihak utama yang terlibat di dalamnya yaitu: organisasi dan konsumen
1. Bagi organisasi / perusahaan
a.
Memperluas pasar internasional untuk terhubung dengan partner dan kliennya dari
seluruh penjuru dunia dan batasan waktu kerja dapat diatasi karena bisnis dapat
dijalankan tanpa mengenal batas waktu
b.
Penghematan biaya telekomunikasi dan biaya operasional untuk membuat,
memproses, mendistribusikan, menyimpan, dan memperbaiki kembali informasi
c.
Proses digitalisasi proses dan produk dan berkurangnya kendala inovasi dan sulitnya
membuat penemuan baru untuk modifikasi produk
2.
Bagi konsumen
a.
Konsumen dapat melakukan akses penuh 24 jam / 7 hari untuk berbelanja atau
mengolah berbagai transaksi lain.
b.
Lebih banyak pilihan yang ditawarkan karena konsumen tidak hanya memiliki
sekumpulan produk yang bisa dipilih, namun juga daftar supplier internasional
sehingga konsumen memiliki pilihan produk yang lebih banyak.
c.
Konsumen dapat melakukan perbandingan harga dengan mengunjungi berbagai situs
yang berbeda atau dengan mengunjungi sebuah website tunggal yang menampilkan
berbagai harga dari sejumlah provider.
Internet telah membuat interaksi
bisnis menjadi multi-aspek. Sekarang orang bisa melakukan bisnis, seperti
membeli sesuatu, bertransaksi, dan menjalankan fungsi-fungsi bisnis melalui
internet. Konsumen dan pemilik/pengelola bisnis dapat mendapatkan dan melakukan
apa yang mereka inginkan tanpa harus meninggalkan beranjak dari tempat duduk,
selama terhubung dengan internet. contohnya penjual dapat membuat atau
menggunakan website atau blog sebagai media informasi dari berbagai jenis
barang atau jasa yang ditawarkan ke calon pembeli, dan dijelaskan pula
bagaimana proses transaksinya. Jika terjadi pembelian barang, biasanya penjual
sudah memasang harga barang ditambah dengan jasa pengiriman barang ke pembeli,
harga jasa pengiriman barang tergantung juga dari lokasi pengirim ke tempat
yang dituju.
Dengan
mengimplementasikan aplikasi E-Commerce dalam sebuah bisnis perusahaan maka
akan mendukung integritas pengelolaan data,
efektifitas dan efisiensi kinerja operasional perusahaan sehingga bermanfaat
untuk meningkatkan kualitas layanan terhadap pelanggan serta memperlancar
transaksi bisnis sebagai sarana komunikasi dan informasi bagi publik tanpa
terbatas jarak dan waktu.Begitu banyak manfaat yang didapatkan dari penerapan
aplikasi E-commerce dalam transaksi bisnis untuk memudahkan kita dalam setiap
akses berniaga online.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar